Modifikasi Daihatsu Xenia SPL : Pecahkan Rekor Nasional

Jakarta, BosMobil.com - Meskipun masih newbie berkecimpung dalam dunia modifikasi audio, namun mobil Daihatsu Xenia milik Rudy ini telah menyabet gelar juara dan memecahkan rekor besaran dB nasional pada gelaran kontes Djarum Black SPL Battle di Jakarta pada Desember 2012 lalu.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL
“Mulai serius main audio pada tahun 2012, dan hanya fun saja ikut kontes SPL. Namun perjuangan tidak sia-sia, saya dapat menjuarai kontes SPL dengan mencetak 152,5 dB pada kontes SPL lalu,” buka Rudy. Seperti apa proses modifikasi audio yang dilakukan pada Daihatsu Xenia miliknya?
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL

Kabin Rigid

Langkah awal dalam proses modifikasi audio Daihatsu Xenia ini yaitu melucuti interior kabin untuk dilumuri peredam Automat dengan jumlah yang beragam. “Di semua pintu 2 lapis, sedangkan lantai dan plafon sebanyak 1 lapis. Tujuannya mengurangi getaran yang timbul dari bodi, serta kabin menjadi rigid dan hening,” papar Rudy.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL

Head Unit Spesialis SQ Disandingkan Dengan Pre-Amp

Menggusung konsep SPL tentunya peranan head unit memiliki fungsi yang strategis sebagai pemutar lagu, sehingga pemilihan perangkat yang mumpuni dalam modifikasi audio pada Daihatsu Xenia menggunakan Alpine CDA-9887.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL
“Optiknya lebih kuat jika dimainkan SPL, namun saya juga senang dengan SQ jika dipakai harian. Jadi fitur pendukung crossover dan equalizer sangat membantu menciptakan suara yang nyaman,” ucap pria berkacamata ini. ”Sedangkan Pre-amp Critical Mass PEQ-5S bertujuan untuk meningkatkan respon frekuensi dari head unit ke power yang akhirnya bisa mendongkrak suara bass,” tambahnya.

Speaker 3-Way Biar Gak Galau

Meskipun menang dalam kontes SPL yang dominan dengan suara bass, modifikasi audio pada Daihatsu Xenia ini tidak menghilangkan hiburan yang nyaman, sehingga diaplikasikan speaker 3-way dari Crescendo Opus 8.9 dan arahnya dibuat on-axis ke pengemudi dengan pembuatan pilar custom. ”Biar gak galau mas di jalan, hehehe, jadi saya juga terapkan sound quality. Kalau arah on-axis ditujukan agar mendapatkan panggung yang presisi,“ ungkap Rudy.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL
Sedangkan untuk mengakali kinerja midbass, Rudy membuat boks yang ideal di doortrim pintu depan. “Agar suara bassnya di tengah, jadi volume boks midbass dikondisikan agar kinerjanya bisa optimal,” ucapnya.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL

Subwoofer 4 Unit Boks Slot

Sementara, untuk menghadirkan besaran dB yang optimal pada modifikasi audio Daihatsu Xenia ini dibuatkan boks slot untuk bersemayamnya 4 unit subwoofer Prokick. ”Kubikasi boksnya sebesar 1,9 cu/ft tiap boks agar dentuman bassnya bisa presisi. Karena regulasi kontes tidak boleh menggunakan aeroprt jadi saya akali dengan slot boks.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL

Aplikasi 4 Power Dan Tambahan Aki

Banyaknya perangkat audio dalam modifikasi audio Daihatsu Xenia ini tentu harus didukung dengan pasokan tenaga yang cukup, sehingga Rudy membaginya dengan menyematkan 4 power.
Daihatsu Xenia Modifikasi SPL
”Cactus 5K 2 unit untuk men-drive 4 subwoofer, Genesis Profile 4 untuk men-drive speaker depan dan ARC Audio untuk men-drive speaker coaxial di belakang,” tukasnya. “Sedangkan penambahan 2 unit aki agar asupan daya tetap stabil,“ tutup Rudy.
Spesifikasi
Head Unit : Alpine CDA-9887
Pre-Amp : Critical Mass PEQ-5S
Speaker Depan : Crescendo Opus 8.9
Speaker Belakang : Rockford Fosgate
Subwoofer : Prokick (4 pcs)
Power : Cactus 5K, Genesis Profile 4, ARC Audio
Kabel Speaker : Vox
Kabel RCA : Sound Ques
Kabel Power : MSC
Peredam : Automat
Capbank : X-Statix
Next »
 

4 komentar:

Your comment / Modifikasi Daihatsu Xenia SPL : Pecahkan Rekor Nasional